Perumahan Syariah di Bogor - Solusi KPR Tanpa Riba

Loading...
Loading...
Perumahan Syariah di Bogor - Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa rumah adalah salah satu hal yang menjadi kebutuhan utama bagi manusia.

Bukan hanya sekedar sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan saja, lebih dari itu, rumah juga menjadi istana bagi pemiliknya. Bahkan tidak jarang juga ada orang yang menjadikannya sebagai pelampiasan gengsi.

Entah apapun itu alasannya, pasti semua orang ingin memiliki rumah pribadi yang nyaman untuk ditinggali.

perumahan syariah di bogor

Tapi sayangnya, harga tanah dan bangunan semakin hari dirasa semakin melambung tinggi. Sehingga tidak sedikit orang yang kesulitan untuk memiliki rumah dan terasa terbebani dengan hal itu.

Adanya sistem KPR dirasa menjadi angin segar yang menjanjikan solusi bagi setiap orang untuk bisa memiliki rumah. Namun nyatanya hal itu belum bisa menjawab permasalahan ini. Adanya BI Checking dirasa terlalu dipersulit dengan persyaratan yang tidak semua orang bisa memenuhinya.

Belum lagi adanya sistem sita, denda dan bunga yang sangat menakutkan dan bisa mengancam kapan saja, sehingga tidak sedikit orang yang merasa takut dan menghindari hal itu.

Namun belakangan ini muncul sebuah konsep baru, dimana konsep ini diklaim bisa memberikan solusi bagi siapa saja yang ingin memiliki rumah, apapun profesinya semua bisa memiliki rumah dengan konsep ini.

Konsep Perumahan Syariah di Bogor


Konsep tersebut adalah konsep perumahan syariah dengan persyaratan yang mudah sehingga tidak akan memberatkan calon pemilik rumah nantinya.

Salah satu Kota yang saat ini sudah ramai dengan konsep perumahan syariah adalah Kota Bogor.

Sebagai kota yang lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota, Bogor menjadi lahan subur pertumbuhan perumahan berkonsep syariah bagi mereka yang ingin tinggal tidak jauh dari Jakarta. Satu dari sekian alasannya adalah karena faktor lokasi kerja yang kebanyakan berada di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: 25 Denah Rumah Minimalis 3D

Tidak sedikit orang yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya justru ingin membeli rumah di Bogor, karena dirasa harganya yang lebih murah dan aksesnya yang mudah.

Kenapa Perumahan Syariah di Bogor?


Ada beberapa alasan yang membuat Bogor menjadi lahan subur untuk perumahan syariah, diantaranya adalah


  • Lokasi yang tidak jauh dari Ibu Kota
  • Suasanyanya yang masih sejuk
  • Harga tanah masih cenderung terjangkau
  • Lahan yang masih cukup tersedia
  • Akses transportasi yang mudah


Satu nilai plus yang mungkin bisa dijadikan alasan adalah karena mayoritas penduduk di Indonesia adalah Islam. Sehingga konsep kredit rumah tanpa riba di Bogor juga menjadi hal yang menyejukkan.

Ya, Riba..

Di dalam Agama Islam, riba adalah salah satu dari 7 dosa besar yang apabila dilakukan sudah pasti ancamannya adalah neraka.

Bukan hanya itu saja, di dalam Al-Quran sendiri telah dijelaskan bahwa pelaku riba akan ditantang perang oleh Allah dan Rasul. Ini adalah hal yang sangat menakutkan.

dosa riba

Untuk itu, banyak kaum muslimin yang berbondong-bondong beralih dari KPR konfensional ke KPR syariah tanpa riba, terutama di Bogor, untuk menghindari riba yang dosanya sangat mengerikan.

Bagaimana Konsep Perumahan Syariah itu?


Konsep syariah yang dimaksud adalah sistem pembayaran yang akadnya sesuai dengan syariah Islam yaitu tanpa adanya bunga, denda, sita, dan BI Checking, sehingga calon pemilik rumah akan lebih merasa nyaman, aman dan tentu saja lebih mudah dari segi transaksinya.

Keuntungan Perumahan Syariah


Selain itu, konsep perumahan syariah ini juga tidak membuat calon pemilik rumah merasa takut akan adanya bunga, denda dan sita yang bisa mengancam kapan saja.

Apalagi tidak adanya sistem BI Checking, maka akan semakin mempermudah siapa saja untuk bisa memiliki rumah.

Sistem BI Checking ini adalah sistem yang biasanya banyak membuat orang ditolak untuk dapat melakukan kredit rumah. Untuk itulah tidak adanya sistem ini akan sangat mempermudah seseorang untuk dapat melakukan kredit rumah dengan nyaman.

Kekurangan Perumahan Syariah


Meskipun banyak kemudahan yang dapat dirasakan oleh calon pembeli, tapi tidak membuat konsep ini jauh dari kekurangan.

Tentu saja kekurangan itu pasti ada. Diantaranya adalah


  1. Rumah yang di beli masih Indent (tidak bisa langsung di huni)
  2. Ada DP (sulit mencari yang tanpa DP)
  3. Proses pembangunan butuh waktu yang tidak sebentar


Tiga hal itu adalah yang paling umum yang banyak dikeluhkan oleh calon pembeli, terutama bagi mereka yang ingin langsung menempati rumah yang sudah dibelinya. Tapi tentu saja tidak semuanya seperti itu.

Untuk itu, mari kita sama-sama berdoa agar kedepannya ketiga masalah tersebut dapat teratasi dengan inofasi-inofasi baru yang nantinya akan bermunculan. Semoga saja.

Type Rumah Syariah di Bogor


Umumnya, perumahan syariah bogor memiliki type yang beragam, paling kecil yang pernah saya lihat adalah type 26, sedangkan yang paling banyak adalah type 36 dan type 45.

Ada juga beberapa developer yang membuat rumah syariah dengan type besar yaitu rumah mewah dengan lahan di atas 100m2, namun itu jarang. Dan satu lagi apabila perumahan tersebut sudah berbentuk kawasan, akan ada juga ruko komersil yang dijual.

Dengan type yang seperti itu, sudah jelas bahwa sasarannya adalah kalangan menengah kebawah, karena memang pada dasarnya perumahan syariah hadir untuk membantu masyarakat kalangan menengah kebawah untuk dapat memiliki rumah pribadi.

Harga Perumahan Syariah di Bogor


Tidak semua perumahan syariah di bogor itu harganya mahal, ada juga beberapa developer yang memang memberikan harga murah yaitu sekitaran 150 sampai dengan 200 jutaan. Tidak sedikit juga yang harganya diatas 300 sampai 700 jutaan.

Harga ini bisa dibilang masih murah dan masih terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.

Baca Juga: 30 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Nah itu dia penjelasan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya penjelasan di atas Anda bisa lebih paham lagi dengan konsep perumahan syariah di bogor.

Selalu teliti saat hendak melakukan transaksi jual beli rumah, telusuri kembali dan cari tahu pengembang yang akan bertransaksi dengan Anda, agar kedepannya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan. Terima kasih.
Loading...

0 Response to "Perumahan Syariah di Bogor - Solusi KPR Tanpa Riba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel